Mengoptimalkan Website Anda di Google dengan Pemahaman Search Intent

 


Sejauh mata memandang, kita hanya tau beberapa dasar pada Keyword untuk meningkatkan kinerja SEO. Sedangkan itu, ada satu kata paling penting bisa diketahui oleh Marketer  yaitu Search Intent.

Kok bisa penting? Karena, didalam istilah itu ada saat ini, pasti beberapa Marketer akan semakin tahu pada kebenaran yang dicari oleh User pada setiap keyword yang dia tulis pada alat pencarian.

Karena itu, jika kalian bisa mengetahuinya, secara otomatis hal itu akan menolongmu untuk menghasilkan peringkat yang paling tinggi di Google.

Lantas, benerkah, apa sih, arti Search Intent itu? Ada berapa sih jenisnya? Lalu bisakah hal tersebut untuk memenuhinya?

Santai saja, di dalam penjelasan atau artikel ini anda pasti akan mendapatkan jawaban  satu persatu .


Apa Sih Search Intent itu?

Search Intent adalah suatu maksud atau sebuah tujuan dan niat pengguna untuk memasukkan kata kunci ke dalam mesin pencari. Setiap pengguna memiliki tujuan mereka sendiri, bukan? Coba bayangkan kalian semua sedang menemukan informasi di Google misalnya, dan kalian pingin tahu gimana sih cara melakukan riset kata kunci. Selain itu, pencarian seringkali sangat spesifik, sehingga pengguna memiliki tujuan pencarian yang berbeda.


Bisa jadi Anda menulis kata kunci ini "cara membuat kata kunci" "cara membuat kata kunci". Mengetahui bahwa maksud pencarian tidak. 1 dalam SEO. Mengapa? Karena tujuan Google adalah membuat kueri penelusuran yang relevan untuk pengguna yang relevan dengan kueri yang mereka telusuri.

Jenis-jenis pada Search Intent

Untuk itu saat ini, Search Intent memiliki berbagai jenis yang digolongkan kedalam beberapa Keyword yang sesuai dengan tujuan Usernya.

  • Informational

Merupakan tipe yang paling dicari. Target informasi adalah kata kunci yang digunakan pengguna untuk mencari informasi tertentu. Kata kunci dengan maksud informatif mencakup, misalnya, "pentingnya pengoptimalan mesin telusur", "pengoptimalan mesin telusur".

  • Navigational

Hal yang paling penting untuk diingat adalah Search Intent Navigation karena biasanya pengguna menggunakan Search Intent ini untuk mencari website tertentu. Pengguna harus sudah tahu ke mana mereka akan pergi.

  • Transactional

Dalam salah satu jenis ini, mengacu pada preferensi pengguna terkait pembelian atau transaksi bisnis. Dengan niat transaksi ini, pengguna sudah mengetahui apa yang ingin dibelinya melalui kata kunci yang sering digunakan secara terarah.

  • Commercial

Secara umum, beberapa pengguna mungkin juga berniat untuk segera membeli dan akan mencari. Pengguna pasti memiliki niat untuk melakukan transaksi, namun masih membutuhkan waktu lama untuk membuktikan dirinya atas pembelian produk tersebut.


Search Intent untuk SEO

Maksud pencarian dan optimisasi mesin pencari adalah dua poin yang saling memiliki. Terutama ketika datang untuk meningkatkan mesin pencari dengan mengoptimalkan komponen terkait. Alasan utamanya adalah:

  • Meringankan Anda dalam memisahkan dan memantau kompetitor
  • Dapat meringankan Anda untuk bisa melakukan evaluasi pada sebuah peluang kata kunci
  • Membantu untuk membangunkan kredibilitas sehingga bisa menarik para minat yang ingin di terget

Itulah 3 alasan yang merupakan sebuah perwakilan yang bisa memperkuat Search Intent bahkan SEO untuk saling terkait bersama.


Mengoptimalkan Website Anda

  • Pertimbangkan pengubah Kata Kunci

Saat mengubah kata kunci, harus ada indikator yang berguna untuk tujuan pencarian. Tapi ada satu hal yang harus diperhatikan. Hari ini, Anda dapat mengandalkan meluasnya penggunaan beberapa alat penelitian kata kunci.

  • Cocokkanlah Metadata Dan Tipe Konten

Perhatikan komponen mulai dari title tag penulisan serta headingnya.

  • Bacalah SERP (Search Engine Results Pages)

Melihat kata kunci, membaca dan melakukan penelitian SERP adalah cara lain untuk melakukannya. Ketik kata kunci target ke dalam pencarian dan selalu perhatikan apa yang muncul di halaman hasil (SERP).


Beberapa Tips Memaksimalkan Search Intent

Pada Awalnya, Search Intent Merupakan suatu yang perlu ditingkatkan oleh praktisi SEO. Ada beberapa poin kunci yang dapat memaksimalkan tujuan pencarian Anda.

  • Memeriksakannya kompetisi yang terjadi
  • Format konten harus SERP agar lebih relevan
  • Bandingkanlah metadata & content type di pencarian anda
  • Periksa apakah SERP bisa diandalkan
  • Perhatikannlah konten anda cocok dengan 3C atau content type, content format, content angle

Itulah penjelasan mengenai Search Intent. Setelah membaca artikel ini, apakah anda megerti dan sudahkah anda siap untuk melaksanakan Search Intent tersebut untuk bisnis Anda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Lolos Seleksi CPNS 2025: Persiapkan Diri Anda dengan Baik

CPNS 2025: Peluang Karier di Pemerintahan Menanti Anda

Jadwal Seleksi CPNS 2025 Resmi: Catat Tanggal Pentingnya